Sep 3, 2011

Focuswriter : Aplikasi untuk Penulis

BismiLLAH

Screenshot

Well, sekali-kali blog ini bahas teknologi kali yah. Jadi Pembaca gag boring gitu, sekalian nambah wawasan juga. Kali ini pengen review sebuah aplikasi multiplatform yang bagus banget (menurut saya) untuk para blogger, terutama penulis.

Focuswriter adalah aplikasi free dan open source untuk sebuah lingkungan menulis yang bebas distraksi/selingan . Aplikasi ini sama seperti aplikasi pengolah kata lainnya, seperti libre office writer atau microsoft word, cuma yaitu aplikasi ini akan mengambil layar penuh (full screen). Selain itu gag ada ribbon ataupun menu-menu lain. Menu akan muncul ketika kita mengarahkan mouse ke bagian atas layar.

Kelebihan aplikasi ini, kita jadi bisa menulis bebas. Kemudian dukungan format save rtf (rich text format) yang memungkinkan untuk membuat format khusus seperti bold, italic, subscript, dll. Kekurangannya jika tulisan kita membutuhkan referensi, jadi sedikit terhambat, karena layar fullscreen hanya untuk focuswriter. Tapi kekuranganya itu bisa diatasi dengan merubah setting fullscreen (yang secara default sudah diaktifkan ketika pertama kali aplikasi terinstall) menjadi window mode.

Cara instalasi.

Aplikasi ini tersedia untuk semua platform sistem operasi (windows, mac osx, dan linux). Bagi pengguna windows dan mac bisa langsung mengunjungi situsnya disini. Dan mengunduh installer yang sesuai dengan sistem operasi masing-masing.

Bagi pengguna linux, atau lebih spesifik ubuntu (dan juga karena saya ubuntu user). Focuswriter yang menggunakan Qt language sudah menyediakan PPA (Personal Package Archives). Caranya cukup buka terminal dan ketiklah :

sudo apt-add-repository ppa:gottcode/gcppa

kemudian,

sudo apt-get update && sudo apt-get install focuswriter

Jika sudah selesai, *tadaa* focuswriter siap digunakan. Selamat mencoba yah ! Silakan komentar jika butuh bantuan, atau mungkin anda punya aplikasi lain yang bagus dan layak di share. Terima kasih.

Picture by @aditia_ap

3 comments:

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!