Feb 11, 2012

Manajemen Tim Virtual : Manfaat dan Tantangan

Bekerja freelance virtual itu mungkin hal yang biasa, tapi me'manage' tim secara virtual itu sesuatu hal yang extraordinary menurut saya. Bicara virtual, hal ini sudah hal yang lumrah hari ini, karena teknologi internet sudah mendukung dengan begitu banyaknya apps yang mendukung untuk kerja kolaborasi.

Building a Virtual Team - FPOV Infographic
Infographics By sklososky
Tim Virtual sendiri adalah tim yang terdiri dari orang-orang yang memiliki visi dan alasan yang sama namun terpisahkan oleh jarak, waktu, dan wilayah. Di tim ini, komunikasi tetap berjalan dengan dukungan teknologi, seperti email, phone-calls, social media, teleconferences, virtual meeting dll.

Banyak perusahaan yang sudah menerapkan tim virtual seperti ini untuk membangun bisnisnya. Selain itu juga karena orientasi konsumen adalah hasil, bukan proses maka kerja tim virtual jauh lebih efisien. 

Namun perlu diketahui pula, bahwa tidak semua proyek bisa dikerjakan secara virtual. Sebagai contoh adalah pekerjaan yang membutuhkan kehadiran staff-staffnya selama proses produksi berlangsung (real-time), maka sangat tidak mungkin untuk menjalankannya secara virtual.

Hal terpenting yang menurut saya harus dimiliki oleh organisasi yang bergerak secara virtual adalah kepercayaan (Trust). Selain itu anggotanya juga harus bisa memotivasi diri sendiri dan mampu bekerja mandiri (self motivated and Independent), karena pekerjaan yang mereka lakukan tanpa adanya pengawasan dari atasan.

Trust
Photo by thorinside

Kepercayaan antar anggota sangat penting agar terbangun komunikasi yang kondusif, sehingga proyek-proyek dapat diselesaikan dengan maksimal. Inilah tantangan besarnya, dan harus mendapatkan perhatian lebih dari setiap anggota tim.

Ada tiga hal yang harus di "maintain" dengan baik dalam menjalankan organisasi virtual, yaitu :
  1. Capaian organisasi harus jelas,
  2. Adanya standar baku untuk peforma tim,
  3. Kesepakatan aturan dalam komunikasi.

Nah, dalam bidang yang saya geluti saat ini, pekerjaan secara virtual ini jauh lebih efektif dan efisien, karena saya bisa bekerja darimanapun dan saya bisa membangun relasi dengan lebih banyak orang.

Design by Ragillia Rachmayuni


Salah satu proyek kolaborasi yang sedang saya kerjakan saat ini adalah Zaphere Studio. Keberadaan anggotanya yang lintas pulau menjadi tantangan tersendiri untuk bisa bergerak maju dan berkarya. Temen-temen bisa ikuti update kami di facebook dan twitter agar bisa ikut belajar proses kami men'develop' proyek kolaborasi ini.

Dalam membangun sebuah tim yang solid, saya percaya pasti akan ada tantangan yang menghadang. Dan tugas kita adalah menghadapinya bersama.

Well, jika ada yang ingin didiskusikan dari tulisan ini silahkan komentar yah. Thanks udah baca dan see you on the next post.

Picture by Aditia A. Pratama

3 comments:

  1. optimis bro. nice posting :)

    ReplyDelete
  2.  Thanks sis, yeah...keep move on !

    ReplyDelete
  3. feby zakaria5/07/2013 7:53 PM

    KALAU BOLEH, TOLONG JELASIN TENTANG GAMBAR VIRTUAL TEAM TESEBUT
    THANKS

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!