Sep 17, 2011

Parenting Tips #3 : Memberikan Hadiah

BismiLLAH.

oh good, i got sand toys [1 of 8]


Hadiah adalah hal yang yang amat menyenangkan bagi anak-anak. Walaupun pembahasan tentang hadiah ini terlalu luas, saya akan membuat fokus disini yaitu 'Bagaimana agar anak merasa bahagia dengan hadiah yang kita berikan?'

Hadiah bisa diterjemahkan sebagai wujud kasih sayang kita dalam bahasa yang lain.

Dan tentu setiap orang tua pasti ingin menghadiahi anaknya dengan sesuatu yang menggembirakan anaknya. Jangankan orang tua, kita saja yang diundang aqiqah merasa tidak enak bila tidak membawa hadiah.

Namun saya menilai, terkadang kita salah pengertian dengan memberikan hadiah untuk anak. Coba tanyakan kepada diri kita, apakah kita lebih bahagia apabila anak memilih sendiri hadiahnya? atau kita yang memilihkan untuk mereka?

Membawa anak ke department store dan membiarkan mereka memilih hadiah apa yang mereka inginkan adalah hal paling salah yang kita ajarkan kepada mereka. Mengapa?

Karena pada akhirnya mereka akan kecewa dengan kita, walaupun mungkin beberapa waktu kita mampu memenuhi permintaan mereka. Namun adakalanya kita sebagai orang tua tidak menyetujui apa yang mereka inginkan. Disinilah mereka akan kecewa kepada kita.

Celakanya yang menanamkan kekecewaan itu adalah kita, orang tuanya.

Coba bandingkan dengan hadiah yang mungkin harganya tidak seberapa, yang kita bungkus dengan kertas kado yang berwarna-warni indah. Kemudian kita berikan kepada anak selepas kita pulang kerja.

Saya yakin esok ketika ia bertemu dengan temannya disekolah, ia akan berkata dengan bangga bahwa ayahnya begitu sayang kepadanya dan memberikan hadiah kepadanya.

Bagaimana dengan anda? Punya pendapat lain atau ingin berbagi juga? Silahkan komentar.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Picture by sansanparrots

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!