Sep 2, 2011

Parenting Tips #1 : Nama adalah Doa

BismiLLAH.


Dari judulnya aja udah rada berat nih, 'parenting tips' atau kalau saya terjemah menjadi Tips untuk para Ortu. idealnya memang harus jadi ortu dulu sih baru boleh kasih tips, tapi kan saya juga dalam proses menuju kesitu, so apa yang sudah saya dapat daripada lupa, lebih baik dishare aja, tul gak?

Pembahasan kali ini lebih spesifik tentang 'Nama adalah Doa'.

Ini adalah konsep awal yang harus dipahami mendalam oleh para ortu. Dalam pemberian nama, para ortu harus memiliki niat agar pemberian nama kepada anak itu membawa efek, agar nama itu menjadi bekal kepada anak. Agar nama tidak sekedar nama, namun ia memberikan energi kepada anak. Energi harapan yang bernama doa.

Ini penting, saya ambil contoh  ketika ibunda RasuluLLAH SAW ingin menamai beliau Muhammad (SAW). Kala itu bangsa arab sedang dilanda krisis moral dan ahlak yang begitu parah. Kekacauan dan ketidakadilan merajalela. Alasan utama Aminah (ibunda RasuluLLAH SAW) menamai beliau Muhammad (SAW) yang berarti pemilik ahlak terpuji adalah sebuah harapan orang tua yang memiliki cinta agar anaknya tidak seperti kebanyakan manusia kala itu.

Aminah menginginkan anaknya kelak menjadi seorang yang ahlaknya terpuji, baik dan menjadi inspirasi (SAW). Kekuatan doa itu di ijabah ALLAH SWT, karena kini setelah 1400 tahun lebih, Muhammad SAW telah menjadi inspirasi, suri tauladan, karena memiliki ahlak yang mulia. Keteladanannya (SAW) melintas zaman, subhanaLLAH.

Ini adalah kekuatan doa seorang ibunda yang begitu menyayangi anaknya. Jadi, bagi anda para ortu, sebelum memberikan nama, niatkanlah dulu, mintalah petunjuk  kepadaNYA.

Karena dalam nama anak tersimpan warisan terbesar dari kedua orang tuanya, yaitu doa.

Jika pembaca merasakan manfaat dari tulisan ini. Silahkan dishare di twitter, like di facebook, atau di +1 yah. Punya pendapat lain atau sekedar ingin menambahkan? Silahkan komentar yah. Terima kasih.

Picture by Dora

2 comments:

  1. Syaheeda Amiin9/02/2011 10:25 AM

    Nice post..
    Lanjutkeun.. ^^

    ReplyDelete
  2. alhamduliLLAH, klo ada tips2 lainnya bu..secara situ pengajar, pasti lebih banyak pengalamannya :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!