Sep 29, 2011

Cara Instan Konversi Gambar menjadi PDF

 BismiLLAH.

cara instan membuat pdf dari image
Kali ini ingin berbagi tutorial sederhana tentang bagaimana membuat PDF (portable document format) dari beberapa gambar. Sebenernya ini adalah kasus yang saya hadapi ketika saya harus membuat presentasi.

Walaupun sebenernya Libreoffice Impress sudah sangat baik dalam membuat presentasi, namun saya masih kurang nyaman kalau harus membuatnya disana.

Saya lebih suka membuat presentasi menggunakan Inkscape, karena lebih dinamis dan personalized aja.

Nah, problemnya adalah ketika sudah selesai membuatnya, output filenya masih dalam bentuk PNG dan masih terpisah-pisah. Proses selanjutnya adalah mengkonversinya menjadi sebuah bundle PDF dan proses ini yang masih wasting time menurut saya.

Sebelumnya saya melakukannya dengan mengimport satu persatu gambar slide yg sudah jadi ke Libreoffice Impress atau scribus, kemudian dari sana baru mengkonversi menjadi satu file pdf.

Sampai akhirnya saya menemukan cara yang super cepat, dan sepertinya cuma bisa dilakukan di linux / ubuntu #cheers.

Baik yang pertama kali harus anda lakukan adalah membuat sebuah folder ditempat yang mudah di akses, misalnya desktop. Setelah itu copy  semua gambar PNG yang sudah anda buat tadi. Kita namakan saja folder pdftest.

Sebelumnya dalam penamaan file, beri juga nomor sehingga pada saat proses konversi file gambar tidak tersusun acak. Contoh : slide001.png dst.

Jika seluruh file PNG sudah terpindah, sekarang kita bisa mengakses terminal. Arahkan ke folder yang sudah kita buat tadi dengan perintah cd, karena tadi kita taruh di desktop, maka kurang lebih syntaxnya :

cd /home/aditia/Desktop/pdftest

Cek dengan printah ls untuk memastikan kita sudah berada di tempat yang dimaksud. Untuk selanjutnya kita bisa langsung mengkonversi seluruh gambar PNG yang ada di folder tersebut menjadi sebuah file PDF, caranya dengan mengetikan perintah berikut ini di terminal :

convert *.png buku.pdf

Penjelasannya seperti berikut ini, 'convert' adalah instruksi konversi input. '*.png' maksudnya adalah seluruh file yang berformat PNG. 'buku.pdf' adalah nama file output beserta formatnya.

Praktis dan instan, bagaimana menurut anda? Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat. Terima kasih.

Picture by Aditia A. Pratama

1 comment:

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!