Aug 15, 2011

Perubahan

Metamorphosis

Pernah saya mendengar ceramah seorang ustadz, beliau mengatakan bahwa Ramadhan itu bulan perubahan. Ya, bulan dimana kita melatih diri ini untuk bisa berubah kebiasaan lama yang belum baik menuju pribadi yang senantiasa berproses menuju kebaikan.

Tiap tahun kita melaksanakan ibadah yang spesial ini. Mengapa spesial? karena yang menilai langsung aktifitas amal kita pada bulan ini adalah Sang Maha Pencipta. Bukan ustadz, bukan orang tua, bukan keluarga kita, tapi langusng DIA yang memberikan nilai.

ALLAH SWT memfasilitasi kita dengan bulan Ramadhan agar kita bisa melakukan perubahan menuju kebaikan. Perubahan yang saya maksud adalah perubahan kebiasan dan cara kita bersikap.

Dalam rentang waktu 30 hari ini sebenarnya adalah kesempatan untuk merealisasikan beberapa kebiasaan baru yang baik untuk menunjang kesuksesan kita di dunia maupun akhirat kelak. Namun amat disayangkan bahwa yang menyadari hal ini hanya segelintir orang. Kebanyakan kita malah melewatkan Ramadhan ini hanya untuk melakukan hal yang biasa-biasa saja atau malah melewatkannya dengan kesia-siaan.

Benarlah perkataan RasuluLLAH SAW bahwa betapa banyak yang berpuasa namun hanya mendapatkan lapar dan dahaga. (Sahih, Hadis Ibnu Majah)

Besok adalah hari ke 16 di bulan penuh berkah ini. Masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri. Masih ada waktu untuk melatih diri melakukan amal kebaikan. Jika sampai hari ini masih ada kekurangan, jangan menyerah...percayalah bahwa kita mampu memperbaikinya.

Di Bulan ini juga pintu ampunanNYA terbuka seluas-luasnya. Manfaatkan sisa ramadhan ini untuk terus memohon ampunan dan petunjukNYA agar kita mampu melalui Ramadhan dengan maksimal.

Mulailah perubahan dari hal kecil namun secara perlahan meningkat. Kenali pemicu kebiasaan buruk kita, kemudian coba lawanlah. ALLAH SWT telah mengunci keberingasan syetan di bulan ini agar kita mampu fokus meningkatkan kualitas diri agar mampu menjalani 11 bulan berikutnya dengan konsistensi amal kebaikan.

So, jangan menyerah, masih ada kesempatan, yuk kita maksimalkan Ramadhan tahun ini.

Picture by ஆ ன ந் த ம் / a n a n d h a m

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!