May 17, 2011

Wejangan dari Sang Auditor


Senin kemaren kita kedatangan auditor dari kantor pusat. Sebenarnya sih udah mulai di audit sejak hari sabtu kemaren. Nah, hari senin itu tinggal menyelesaikan audit beberapa department yang tidak sempat di hari sabtu.

Audit dimulai dari pagi hingga selesai kurang lebih ketika shalat ashar. Selesai shalat seluruh karyawan dikumpulkan untuk mendengarkan wejangan dari auditor.

Cukup menarik apa yang dikatakan oleh pak Auditor yang bernama lengkap Subagyo. Beliau menyampaikan tentang bagaimana seharusnya kita bekerja. Menurut beliau ada 4 cara memaksimalkan kinerja dengan baik, yaitu :

  • Kerja Keras
  • Kerja Cerdas
  • Kerja Ikhlas
  • Kerja Tuntas

Kerja keras berarti kita memiliki kesungguhan dalam bekerja sehingga hasil yang diberikan pun maksimal. Kerja keras tidak hanya berdampak pada pribadi kita namun juga berefek pada lingkungan tempat kita bekerja.

Kerja Cerdas, yang berarti disini bahwa tidak selamanya kita bekerja menggunakan otot. Kombinasikan dengan otak agar hasil yang dicapai lebih optimal, baik keefektifannya maupun efisiensinya.

Kerja ikhlas merupakan hal vital yang harus dimiliki oleh setiap orang. Mengapa? karena Ikhlas adalah pemicu keberkahan. Orang yang ikhlas bekerja karena ALLAH Azzawajall tentu akan mendapat balasan langsung dariNYA. Dimanapun dia bekerja jika orientasinya adalah akhirat, insyaALLAH dimudahkan segala urusan olehNYA.

Yang terakhir adalah kerja tuntas. Yups, jangan setengah-setengah. Selesaikan hingga tuntas, Karena sikap menunda itu tidak baik, maka sikap kita adalah selalu merencanakan segala aktifitas dan menyelesaikannya hingga tuntas.

Diakhir sesi, ada tanya jawab tentang spesialisasi dan generalisasi dalam bekerja. Dan point penting yang saya tangkap dari pertemuan tersebut adalah bahwa kuantitas yang banyak memang perlu, namun jangan sampai mengesampingkan kualitas.

Well, terima kasih pak Subagyo atas wejangannya yang luar biasa. Saya sebenernya pengen banyak tanya cuma karena perut sudah demo mau minta wejangan juga...ke ke ke yah jadi ditahan :)

(Lapeer euy terpaksa lunch jam 17.30 WITA...ckckck)

UPDATE !

Baru keinget ada hal yang penting dalam meningkatkan kinerja, yaitu POWER. Yang kalau dijabarkan menurut beliau terdiri atas :

P - Positive
Selalu berpikir positif akan membawa langkah kita kepada kebaikan-kebaikan, InsyaALLAH

O - Optimism
Bersikap optimis, yakin akan keberhasilan tentu memberikan efek ketangguhan dan mental tak kenal menyerah.

W - Willingness
Kemauan yang kuat untuk memberikan manfaat. Tidak hanya ada namun juga keberadaannya berdampak.

E - Enthusiasm
Antusiasme yang cerdas untuk mencapai hasil yang sudah di targetkan.

R - Refill
Adakalanya semangat kita down, maka untuk menjaga semangat, perlu adanya refill / refresh.  Refresh bisa dilakukan dengan meminta nasehat dari teman, dosen, ustadz, dll. Atau juga dengan membaca buku atau diskusi.

Sekian dan semoga bermanfaat :)


Picture by werestrangersanyway

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!