Aug 27, 2011

Kesempatan Memperbaiki Diri

07082011(017)

Tinggal beberapa hari lagi Ramadhan penuh berkah ini kan berlalu. Sejenak saya coba mereview kembali hari-hari kemarin ketika awal ramadhan tiba. Mulai dari tarawih pertama, sahur pertama, ifthar pertama, aktivitas shaum yang pertama kali saya tunaikan hingga saat ini sudah memasuki hari ke 27 Ramadhan.

Ada perasaan iri bercampur sedih ketika banyak yang bisa menangis diakhir malam. Sesengukan ketika wajah ini bersujud ditemani heningnya malam dalam lantunan ayat-ayat suci yang begitu indah. Ada pertanyaan yang kemudian timbul dalam diri ini "sudah sebegitu keraskah hati ini sehingga airmata saja sulit mengalir?".

Berulang-ulang pertanyaan itu menggedor nurani seakan ingin mendobraknya. Ramadhan hampir berakhir namun tak ada airmata yang menyatakan betapa inginnya diri ini untuk terus bersama kebaikan. Apakah ini tanda bahwa ibadah puasa kali ini hanya bernilai dahaga dan lapar? Hanya bernilai secara materil tanpa ada jejak spiritual didalamnya, betapa meruginya.

Sahabat,

Saya yakin bukan saya saja yang mengalami perasaan galau demikian hebatnya. Karena itu sebelum ramadhan berlalu, saya ingin mengajak saya sendiri tentunya untuk kembali bersungguh-sungguh karena masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri.

Niat
Bulan ini bukan hanya bulan dimana kita menahan hawa nafsu, namun lebih dari itu. Ini adalah bulan dimana kita bisa "memperpanjang" umur ibadah kita, bulan dimana kita bisa mulai membiasakan kebiasan baru, bulan dimana kita bisa beramal dan fokus untuk meningkatkan spiritualitas kita. Karenanya mulailah dari niat yang tulus agar ALLAH SWT meridhai amal kita di bulan ini.

Berdoa
Hal yang paling mungkin kita lakukan adalah terus berdoa kepadaNYA yang Maha Membolak-balikan hati. Teruslah mengetuk pintuNYA, terus ketuk dan ALLAH SWT akan menjawabnya insyaALLAH.

Berdoalah, memohonlah agar ALLAH SWT meluluhkan kerasnya hati, menggantinya dengan kelembutan. Berdoalah agar ALLAH SWT membimbing kita selalu dalam kesabaran dan kesyukuran.

Banyak beristighfar
Dari 24 jam yang kita miliki hari ini, ambilah beberapa menit untuk kita investasikan menghapus keburukan yang mungkin tanpa kita sadari telah kita lakukan. Duduklah sejenak, matikan handphone, matikan internet, kemudian mulailah menghitung dan beristighfar.

Banyak-banyak mengucap syukur kepadaNYA
Duduklah dan mulai hitung nikmat dan karuniNYA. Mulai dari nafas hari ini yang masih leluasa kita dapatkan, sahur tadi pagi masih dengan lauk favorit kita, hingga siang ini kita mendapat keteduhan dibawah naungan atap rumah kita. Semuanya merupakan karuniaNYA, karenanya banyak-banyak bersyukur.

Tadabbur Quran
Ketika membaca Quran, coba selamilah maksudnya. Biarkan Quran berinteraksi dengan nurani kita, berikan kesempatan hati kita untuk lebih dalam menyentuh indahnya ayat-ayatNYA. Setiap kali saya mentadabburi Quran, selalu ada hal baru yang saya dapatkan walaupun sudah kesekian kali saya membacanya. Selalu ada hal baru, karena Quran berinteraksi langsung dengan kehidupan kita. Memohonlah kepadaNYA agar memudahkan kita dalam memahami Quran. InsyaALLAH.

Sedeqah
Mungkin karena harta yang kita miliki sehingga membutakan hati kita. Menenggelamkan kita dalam keserakahan. Obatilah dengan sedeqah, karena tak akan berkurang harta yang sedeqah, tak akan berkurang.

Kelemahan terbesar kita adalah merasa kuat & mampu, padahal ALLAH SWT lebih menyukai mereka yang kembali kepadaNYA untuk mengadu dan memohon pertolonganNYA

Mari kita optimalkan sisa hari di ramadhan ini agar kita mendapatkan keberkahan. Kita maksimalkan ikhtiar kita agar ALLAH SWT menjawab doa-doa kita. Teruslah mengetuk, teruslah mengetuk, dan ALLAH SWT akan menjawabnya insyaALLAH.

Semoga catatan kecil untuk koreksi saya pribadi ini bermanfaat untuk sahabat semua. Terima kasih.

Picture by @aditia_ap

2 comments:

  1. ya....tinggal beberapa hari lagi Ramadhan akan pergi, semoga di awakhir bulan ini bisa lebih optimal, dan semoga 1 bulan ketaatan dan penghambaan bisa menutupi 11 bulan kelalaian yang telah dilakukan kepada Allah...thanks mas postingnya 

    ReplyDelete
  2. Aamiin Yaa Rabb...sama2 mas Muslih, note to myself sebetulnya..alhamduliLLAH semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!