Jan 2, 2011

Belajar Produktif dari Shaikhul Islam Ibnu Taimiyah (RahimahuLLAH)

BismiLLAH

Seiring perjalanan journal kehidupan yang ingin saya rangkai disini. kita akan coba untuk menyelami nafas-nafas sejarah yang telah berlalu. Saat ini mari kita coba untuk belajar dari keseriusan seorang Shaikhul Islam Ibnu Taimiyah RahimahuLLAH untuk produktif semasa hidupnya.

Beliau lahir di tahun 661 H dan wafat pada tahun 728 H, di usia 57 tahun. Beliau mewariskan sekitar kurang lebih 500 kitab kepada kita semua hari ini. Beliau sangat produktif dalam memanfaatkan waktunya dalam hal belajar, menulis dan ibadah.

I love you so much, I wrote it down in a book


Hal yang melatarbelakangi kekayaan luar biasa dalam hal tulis menulis yang dimiliki oleh Shaikh Ibnu Taimiyah RahimahuLLAH adalah begitu rajinnya beliau dalam hal membaca dan saling berdiskusi ilmu. Beliau juga mengajarkan apa yang sudah ia ketahui kepada murid-muridnya, baik ketika beliau berdiam maupun dalam perjalanan, dalam keadaan sehat maupun sakit. Semangatnya dalam belajar dan berbagi menunjukan keseriusan untuk memberikan warisan berupa keteladanan yang sungguh mendalam dalam hal produktifitas bagi kita.

Salah satu murid beliau, Ibn Al Qayyim mencatat bahwa pernah suatu kali Shaikh jatuh sakit, dan dokter sudah memberikan nasihat agar Shaikh berhenti membaca dan beristirahat mengajar, namun shaikh kemudian menjawab nasihat itu "Jiwa saya menemukan kebahagiaan dalam ilmu, sehingga tubuh saya menemukan kekuatan dan saya pun merasa lebih baik".

SubhanaLLAH

Maka pelajaran yang dapat kita ambil adalah :
1. Tinggalkanlah warisan yang abadi;
2. Berbagi ilmu yang bermanfaat;
3. Kejar dan raihlah ilmu bahkan ketika kondisi anda kurang sehat;
4. Berdoalah kepada ALLAH Azzawajall agar memberikan kesuksesan kepada kita;
5. Manfaatkan setiap kesempatan dalam kehidupan kita.

Semoga Bermanfaat !
WaALLAHua'lambishawwab

Photo Credit by SimpySteff

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!