Jul 11, 2010

Bersegeralah !

BismiLLAH

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. QS. 39:53

Inilah ayat yang menegurku ketika begitu banyak maksiat yang kulakukan. Begitu banyak kedustaan yang kuperbuat. Hingga waktu sepertiga malam yang sering kulalaikan. Dan dzikir pagi dan petang yang kuabaikan. Atau tilawah Quran yang kuanggap begitu ringan, dan hangatnya dhuha yang terlalu sering kutinggalkan. Ego yang kujadikan panutan untuk mengklaim diri paling beriman dan orang lain adalah biang kesalahan. Begitu melampaui batas kemungkaran diri ini sebagai seorang hamba, hamba yang tak memiliki apa-apa, hamba yang faqir dan hina.

Semua ini bukan milikku, semua kegemilangan pemikiran, kecerdasan dan ketepatan berpikir, retorika yang mengagumkan, kemampuan yang lihai dalam bidang yang ditekuni, pakaian yang kukenakan, sepatu yang kupakai tiap harinya, kendaraan yang mengantarkan kemanapun diri ini beranjak. Semua, bahkan rumah tempatku bernaung dari panas dan hujan, air conditioner yang mendinginkan ruangan, sofa tempatku melepas penat, laptop yang kugunakan untuk menulis dan merangkai kata ini. Semuanya, semuanya bukan milikku, atas hak apa diri hamba yang hina ini berani mengklaim bahwa segala karuniaNYA ini 'milikku', 'kepunyaanku', 'hasil usahaku'?

Tak malukah? Tak sadarkah? Bahwa kita seorang hamba yang tak memiliki apa-apa. Tak seujung kuku pun kawan ! Dan karuniaNYA atas diri kita tak pernah berkurang, meski diri kita masih sering sombong, masih sering berdusta, masih sering lalai, masih sering durhaka. DIA menutupkan kekuranganmu dengan berbagai karuniaNYA, DIA mencukupimu bahkan ketika kita tak pernah sekalipun bersyukur kepadaNYA, tak malukah? AmpunanNYA seluas langit dan bumi bahkan lebih dari itu. Ketika kemaksiatan yang kita lakukan begitu beratnya, begitu besarnya, begitu dahsyatnya, namun semua itu tak akan pernah sebanding dengan AmpunanNYA, dengan Kasih SayangNYA, DIAlah Yang Maha Pengampun Maha Penyayang.

Maka janganlah berputus asa dari AmpunanNYA. Bersegaralah, bersegeralah saudaraku ! AmpunanNYA begitu Maha Luasnya untuk segala kemaksiatan yang terlampau sering kita lakukan. Bersegeralah saudaraku, menujuNYA ! Tak terpungkiri bahwa kita pernah salah dan melakukan banyak khilaf, namun itu bukan alasan untuk kita menyerah dan tak pernah berusaha untuk kembali kepadaNYA, bertaubat dan menuju MaghfirohNYA. Kesempatan itu masih ada saudaraku ! Hari ini, detik ini, nafas ini masih lancar menghirup oksigen yang juga milikNYA dan mata ini juga masih jelas memandang ayat-ayatNYA. Maka janganlah seperti firaun yang ketika nyawa sudah tiba di kerongkongan baru dia bertaubat sambil berkata “aku beriman kepada Tuhannya Musa”, namun sia-sialah imannya kala itu.

ALLAH Azzawajall tak pernah kekurangan apapun atas kekufuran kita, tak secuilpun. Tak sebesar dzarrah pun kemuliaannya hilang. SubhanaLLAH, Maha Suci ALLAH. Sungguh manusia itulah yang benar-benar melampui batas, sering mendustakan dan sering melalaikan. Maka hiasilah hari-harimu dengan kesyukuran kepadaNYA, karena kesyukuran kita bermanfaat untuk diri kita. Sungguh ALLAH tak membutuhkan apapun dari kita, hambaNYA. Dan sungguh, sungguh kitalah, hambaNYA yang sangat membutuhkan ALLAH Azzawajall. Kitalah yang begitu mengharapkan AmpunanNYA. Kitalah yang begitu mengharapkan KaruniaNYA. Kitalah hambaNYA, dan kita tak memiliki tempat meminta ampunan dan pertolongan, selain kepadaNYA, ALLAH Azzizul Hakiim.

Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi). QS. 39:54

WaALLAHua'lambishawwab

4 comments:

  1. fenomena iman adalah bertambah dan berkurang, dan sebaik-baik hamba ialah mereka yang sadar saat berada dalam kefuturan...

    ReplyDelete
  2. Karena itu janganlah berputus asa dari rahmatNya dan ampunanNya. Salam... Bersegeralah............

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya !

Disqus for "JANNAH" We're Coming !!!